Wisata Kediri Bagian Barat Masih Sangat Berpotensi Bagi Ekonomi Masyarakat

Wahyu Dadi

Kediri-  Sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Kediri memang sangat layak untuk dieksplore, tidak hanya Gunung Kelud dan wisata religinya. Terutama wisata yang terdapat di bagian barat Kabupaten Kediri yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, sehingga berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

Hal inilah yang dijelaskan oleh Adi Suwono salah seorang pemerhati budaya dan pariwisata di Kabupaten Kediri. Menurutnya dalam pariwisata dapat dibagi dalam dua model, pariwisata buatan dan pariwiasata alam. 

Khusus untuk Kediri bagian barat, wisata alam sangat berpotensi dan luar biasa jika dikelola dan digali bersama oleh pemerintah. Sehingga dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak ke Kediri Kabupaten khususnya bagian barat

"Pariwisata dapat dibagi jadi 2, wisata buatan dan wisata alam, nah Kediri Barat itu bagian wisata alam yang luar biasa dan harus dan perlu digali lagi sehingga mendatangkan  wisatawan lebih banyak lagi, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat," kata Adi Suwono. Selasa (22/3/2022)  

Tidak hanya berpotensi meningkatkan kesehteraan, namun dalam pengembangan sektor pariwisata perlu adanya dukungan pemerintah dalam menggali kreatifitas dan memperbarui dunia pariwisata, niscaya peluang UMKM masyarakat juga meningkat. Akibat multiplyer effect dari pariwisata Kabupaten Kediri bagian barat khususnya di daerah Kecamatan Semen dan Mojo.

"Pariwisata itu memiliki efek Multiplyer, sehingga mulai dari masyarakat paling bawah, becak, warung kopi, perajin oleh oleh hingga rumah makan maupun hotel dan penginapan akan ikut terkena imbas ekonominya. Untuk itulah perlu adanya dukungan pemerintah dalam menggali kreatifitas dan memperbarui dunia pariwisata di Kabupaten Kediri bagian barat, khususnya Semen dan Mojo demi masyarakat," imbuh Adi.

Hal ini diutarakan Adi Suwono saat menghadiri acara HUT Hotel Bukit Daun, salah satu hotel pertama dan pemrakarsa hotel dan wisata di Kediri bagian barat di Kecamatan Semen dan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Berdasar pantauan detikjatim.com di wilayah Kediri bagian barat ada sejumlah pariwisata alam yang sangat diminati warga, mulai dari Wow Cafe, Kedai 66, Warung Pinus, Air Terjun Dholo, Air Terjun Irenggolo dan sejumlah lokasi warung kopi yang sejuk untuk di singgahi.

Belum lagi wisata religi Goa Maria dan Gereja Puhsarang beserta kisah dan berbagai pernak pernik buah tangan asli Kediri.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »