Bantu Korban Gempa, Kontainer Multifungsi GG Diterbangkan Ke Lombok



Wahyu Dadi

Kediri- Banyaknya bangunan yang rusak serta korban luka akibat gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat,  membuat sejumah pihak bersimpati dan memberikan bantuan.

Seperti halnya salah satu perusahaan rokok terbesar di Asia di Kediri, 25 unit truk kontainer milik PT Gudang Garam, Tbk sengaja dikirim ke Lombok untuk mengangkut bantuan dan memiliki fungsi lainnya.

Selain kontainer berisi bahan bantuan berupa 1.990 lembar selimut yang dikemas dalam 82 dus, 3.000 ribu bungkus abon seberat 750 kilogram, 4.320 cup mi instan yang dikemas dalam 180 dus, serta paket telur asin, obat-obatan, pembalut wanita, dan popok bayi sejumlah 18 dus. 

Kontainer juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai pos komando dan rumah untuk tidur dan istirahat bagi para pengungsi dan petugas jika terjadi gempa susulan ataupun diruang terbuk, serta tempat ibadah.

Kabid Humas Gudang Garam, Iwhan Tri Cahyono, kepada wartawan membenarkan sejumlah bntuan yang diberikan, terutama kontainer yang bisa berubah fungsi menjadi rumah semntara dan posko bantuan bagi pengungsi dan petugas.

"Selain bantuan bahan makan, minum air bersih serta pakaian, kami mengirimkan 25 truk kontainer yang dapat berfungsi multi, selain mengangkut barang, juga bisa menjadi rumah, tempat ibadah maupun posko sementra," jelas Iwhan. Kamis, (9/8/2018).

Iwhan juga menambahkan jika bantuan ini tidak hanya dari kantor GG di pabrik Kediri. Akan tetapi, juga dari kantor GG di pabrik Gempol, Pasuruan dan kantor di Jakarta.

Bantuan yang diberikan melalui program "GG Peduli Lombok" itu diperkirakan sudah sampai di lokasi dalam satu-dua hari ini.

 "Khusus yang dari kantor Kediri, kami kirimkan melalui Lanud (Pangkalan Udara) Iswahyudi, Madiun bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara," imbuh Iwhan.

Bantuan tersebut dikirim dengan truk kontainer GG dan diterima oleh Kepala Dinas Operasi (Kadis Ops) Lanud Iswahyudi Kolonel Pnb Onesmus Gede Rai Aryadi. Selanjutnya, bantuan akan dikirim ke lokasi bencana di Lombok dengan menggunakan pesawat angkut milik TNI AU. 

Iwhan mengatakan, PT Gudang Garam Tbk berkoordinasi dengan banyak pihak untuk menjangkau daerah-daerah yang terkena dampak paling parah. Mulai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional (Basarnas), hingga pemerintah daerah setempat lewat badan penanggulangan bencana daerah (BPBD). Termasuk, dengan aparat kepolisian dan TNI. "Di internal, kami juga berkoordinasi dengan RO (regional office) PT. Surya Madistrindo di Bali dan AO (area office) di Mataram," pungkas Iwhan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »