Pemohon SIM Membludak, Anggota Polisi Kediri Tambah Jam Kerja



Suasana warga pemohon SIM mengantri di luar halaman Satpas Polres Kediri Kota, Jumat (22/6/2018) *foto Wahyu
 Wahyu Dadi

Kediri-Lamanya libur lebaran di Kota Kediri ditengarai menjadi penyebab jumlah pemohon Surat Mengijin Mengemudi (SIM) membludak. 

Seperti pantauan beritakediri.com pada Jum'at (22/6/2018). Di Mako Satlantas Polres Kediri Kota,  Jalan Brawijaya Kota Kediri. Ratusan sepeda motor maupun mobil masyarakat yang akan mengurus SIM sudah nampak terparkir di pinggir jalan sejak pukul 06.30 wib. 

Menurut Kasatlantas Polres Kediri Kota,  AKP Ady Nugroho, yang ditemui beritakediri.com membenarkan adanya peningkatan jumlah pemohon SIM,  baik pengurusan baru maupun perpanjangan. 

Peningkatan jumlah pemohon ini meningkat sejak dibukanya pelayanan Satpas Polres Kediri Kota Kediri, Kamis, (21/6/2018) kemarin. 

"Sejak kemarin, warga pemohon SIM mengalami lonjakan seperti ini, salah satunya ya itu libur cuti bersama yang cukup panjang,  sehingga saat masuk,  urusnya barengan," ucap Ady.  Jum'at,  (22/6/2018).

Oleh karena membludaknya pemohon dan demi melayani masyrakat inilah, Satlantas Polres Kediri Kota harus menambah jam dinas. Tak hanya menambah, waktu lepas dinas anggota pun juga dikurangi demi melayani pemohon SIM. 

Dihari biasa, Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Kota Kediri menerbitkan 200 SIM, namun sejak dibuka usai libur cuti lebaran,  meningkat menjadi 10-15 persen,  atau menjadi 300-350 SIM. 

Jumlah ini terbilang cukup banyak,  selain diduga karena panjangnya musim libur cuti lebaran,  juga karena Satpas Kota Kediri juga melayani warga yang berdomisili dari luar Kota Kediri, dengan cara Online. 

"Karena jumlahnya cukup banyak, anggota saya ditambah,  bukan tambah personil,  tapi tambah jam dinas,  dibuka sejak pukul 07.00 wib tutup hingga pukul 15.00 wib, untuk pendaftaran. Namun setelah itu tetap dikantor untuk persiapan besok pagi dan penyelesaian administrasi berkas pemohon yang telah antri dan menumpuk, belum lagi ditambah anggota yang pengamanan jalur arus balik dan Pos Pam Lebaran" imbuh Ady Nugroho. 

Senada dengan Ady. Nanang (40) salah seorang pemohon SIM yang ditemui beritakediri.com mengaku telah mengantri sejak hari Kamis,  (21/6/2018) kemarin,  namun karena terlalu siang melakukan pendaftaran  dan kurangnya berkas pemeriksaan kesehatan untuk perpanjangan SIM,  maka dirinya diminta untuk mendftar kembali hari ini,  Jumat (22/6/2018).

"saya kemarin siang sekitar jam 12 siang,  tapi sudah panjang dan banyak orang,  saat saya mendaftar dan ada berkas kesehatan kurang,  saya diminta kembali hari ini,  ini tadi saya datang pukul 07.30 wib,  sudah antri lagi,  tapi tidak apa yang penting berkas sudah masuk menunggu proses foto," jelas Nanang warga Kelurahan Bandar Kidul,  Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. 

Demi melayani warga dan masyarakat pemohon SIM, pelayanan Satpas Polresta Kediri tetap buka pada hari Sabtu hingga pukul 12.00 wib.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »