Jaga Kondusifitas, Kapolres - Dandim Patroli Misa Gereja Naik Motor




Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi- Dandim 0809 Kediri Letkol. Kav Dwi Agung, Berkendara Sepeda Motor Patroli Misa Gereja Kediri *foto Istimewa
 Wahyu Dadi

Kediri- Upaya memberikan rasa aman, nyaman kepada warga dan umat yang menjalankan ibadah misa di Gereja, Kapolres Kediri Kota dan Dandim 0809 Kediri menggelar patroli wilayah dan keamanan di seluruh Gereja Kediri.

Kegiatan patroli wilayah gabungan ini dilakukan usai ibadah shalat Subuh berjamaah anggota di Mapolres Kediri Kota, Jalan KDP Slamet 02, Minggu, (20/5/2018). 

Ada 6 gereja yang menjadi sasaran patroli wilayah Polri-TNI ini, uniknya patroli gabungan kali ini dilalukan dengan menggunakan sepeda motor berkeliling dari satu lokasi ke lokasi yang lainnnya, hal tersebut dikarenakan agar anggota dapat lebih mudah melakukan patroli, menjangkau dan memantau kondisi keamanan wilayah secara detail.

6 Gereja yang menjadi sasaran lokasi patroli sedang menggelar misa antara lain, Gereja Getsmani, Gereja Santo Yoseph , Gereja Bakti Indonesia (GBI) Setia Bakti, GKI Yos Sudarso,  Gereja St. Vincentius dan  Gereja Pohsarang.

 Selain 6 gereja tersebut gereja-gereja yang lain juga mendapat pengamanan khusus oleh anggota TNI dan Polri  baik di wilayah Polsek Rural maupun Urban.

Sinergi TNI-Polri Menjaga Kondisi Kota Kediri Aman Dan Nyaman *foto Istimewa
Kapolres Kediri Kota, AKBP. Anthon Haryadi saat ditemui di lokasi menjelaskan, kegiatan patroli ini merupakan kegiatan rutin, namun memang saat ini ada peningkatan patroli dan penebalan serta pengutan personil.

"Ini kegiatan rutin saja, tidak ada yang ugent, namun memang kali ini ada penguatan dan penebalan personil pengamanan, sengaja pakai motor supaya lebih lincah, cepat dan dinamis saja dalam patroli ke sejumlah lokasi," jelas Anthon. Minggu, (20/5/2018).

Dalam kegiatan ini juga melibatkan sejumlah ormas dan instansi samping dalam proses pengamanan, GP Ansor dengan Barisan Serba Gunanya (Banser) dan Satpol PP Kota Kediri.

"Kegiatan pengamanan secara khusus dilakukan sebagai upaya antisipasi teror dan memberi rasa aman kepada para jemaat yang sedang melaksanakan ibadah," imbuh mantan Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya ini kepada wartawan.

Senada dengan Kapolres Kediri Kota, Dandim 0809 Kediri Letkol. Kav. Dwi Agung Sutrisno. Kodim 0809 Kediri telah menyiapkan 38 orang personil untuk membantu kepolisian melakukan pengamanan wilayah.

"Ini kan dalam rangka menjamin situasi damai kota kediri, Kapolres dan Dandim Kediri melaksanakan patroli gabungan utk meninjau tempat2 ibadah umat Kristiani. Diharapkan pam intelnal yang diperkuat oleh TNI-Polri serta peran aktif dari Jemaat dan masyarakat di lingkungan sekitar, akan mampu mencegah terjadinya aksi2 terror di Kediri," Jelas Dwi Agung.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »