Optimalkan Kaderisasi, Ansor Kabupaten Kediri Bentuk Tim 9


Wahyu Dadi

Kediri- Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Kediri terus melakukan berbagai terobosan dalam rangka  memperkuat kaderisasi di jajaran structural paling bawah. 

Terhitung sebanyak 26 Pimpinan Anak Cabang sesuai jumlah kecamatan di Kabupaten Kediri secara terus menerus melakukan agenda Pelatihan Kader Dasar (PKD).

Peserta PKD di masing masing PAC merupakan utusan dari setiap ranting di kecamatan. Pelatihan itu bertujuan memberikan pendidikan dan pelatihan dasar organisasi. Para peserta dibekali materi tentang ideologi Nahdlatul Ulama, wawasan kebangsaan, serta materi organisasi dan leadership.

"Wilayah Kabupaten Kediri sangat luas, dengan 26 kecamatan dan 343 desa dan 1 kelurahan menjadi tantangan tersendiri bagi kami selaku Pengurus Cabang untuk dapat menggerakkan kader hingga tingkat ranting yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan," terang Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kediri, Munasir Huda. Saat ditemui beritakediri.com. Jumat, (6/4/2018).

Pria yang akrab disapa Gus Munasir ini mengaku sempat kewalahan dengan banyaknya permintaan PKD dari seluruh PAC. Ia kemudian berdiskusi dengan seluruh pengurus cabang untuk menyusun strategi pengkaderan.

Dari berbagai ruang diskusi yang dilakukan di beberapa lokasi, dari masjid, rumah, hingga warung kopi, akhirnya muncul gagasan untuk membentuk tim 9. Tim itulah yang akan bertanggungjawab secara utuh atas seluruh  program kaderisasi baik PKD Ansor maupun Diklatsar Banser.

Mereka yang tergabung dalam tim 9 bertanggungjawab sejak penjadwalan PKD, narasumber, hingga rencana tindak lanjut (RTL) bagi peserta pasca pelatihan. 

Mereka terdiri dari 9 orang kader senior yang dianggap mampu menjalankan roda kaderisasi.

Tim 9 juga bertugas menyusun RTL sebagai bagian tak terpisahkan dari kederisasi baik PKD maupun Diklatsar. Hal itu bertujuan untuk memberikan ruang bagi potensi kader.
"Awalnya memang terlihat berat sekali, ketika harus menghadapi permintaan dari seluruh PAC untuk melaksanakan PKD," Tegas Gus Munasir.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »