Ciptakan Polisi "Bersih", Polisi Kediri Kerjasama Dengan Dinas Pendidikan

Wahyu Dadi

Kediri- Guna menciptakan anggota Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya. Dalam melakukan rekrutmen awal, Polres Kediri Kota mngajak dinas terkait untuk mengawasi dan mendukung proses penerimaan anggota polisi tahun anggaran 2018.

Sejumlah pihak diajak untuk melakukan kesepakatan bersama dalam penerimaan anggota polisi 2018. Dinas pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh agama, DPRD, LSM dan Dinas Kependudukan-Catatan Sipil Kota Kediri. 

Nantinya, seluruh instansi terkait diajak bersama mengawasi proses penerimaan mulai dari persiapan melalui administrasi, nilai akademis, persyaratan administrasi kependudukan hingga mekanisme penerimaan saat berada di Polres Kediri Kota.

"Dengan nota kesepahaman ini, terjalin komunikasi yang baik antara lembaga terkait dan kepolisian, sehingga proses rekrutmen dapat berjalan sesuai aturan dan petunjuk Kapolri," Ucap Kapolres Kediri Kota, AKBP. Anthon Haryadi. Kamis,(5/4/2018).

Senada dengan Anthon, Kepala UPT Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, Cabang Kediri, Trisilo Budi menjelaskan, saat ini pelajar SMA, SMK, MA seluruh Kota dan Kabupaten Kediri ada 20 ribu lebih lulusan siswa SMA, SMK dan MA dan mereka memiliki animo besar untuk menjadi anggota polisi.

"Sesuai data, ada sekitar 20 ribu lebih siswa SMA,SMK, MA yang mengikuti ujian nasional, setelah menerima sosialisasi penerimaan polisi, para pelejar ini antusias ingin bergabung, oleh karena itulah dengan kerjasama ini kami bisa lebih dini dan awal mengawasi dan mempersiapkan para pelajar untuk bergabung," jelas Trisilo.

Tak hanya mempersiapkan dan mengawasi jalannya mekanisme penerimaan anggota Polri, Trisilo beserta sejumlah dinas terkait juga berharap saat ini tidak ada kabar bahwa masuk polisi harus membayar sejumlah uang dan melalui rekomendasi pejabat tinggi Polri.

"Semoga saat ini sudah tidak ada dan tidak benar kabar masuk polisi harus membayar dan melalui rekomendasi pejabat, biarlah anak anak berupaya sesuai kemampuan mereka fisik dan akal mereka," tegas Trisilo.

Tak hanya melakukan penandatangan nota kesepahaman antara polisi dan instansi terkait mengenai proses penerimaan, namun juga rombongan diajak melihat dan menyaksikan langsung proses ukur, timbang dan pengecekan kelengkapan administrasi siswa pendaftaran Polri di halaman Mapolres Kediri Kota.
.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »