Peringati Hari Santri, Pawai Ta'aruf - Parade Bedug Pukau Warga Kediri



Parade Bedug Peringati Hari Santri Kota Kediri

Wahyu Dadi

Kediri- Pawai ta'aruf dan parade bedug melibatkan ribuan santri mewarnai peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kota Kediri. Tak pelak kegiatan dalam rangkaian hari santri ini menyedot ribuan pengunjung yang mamadati sudut -sudut jalan di Kota Kediri. Minggu, (4/11/2018).

Ketua PC NU Kota Kediri KH Abu Bakar Abdul Jalil atau Gus Ab mengatakan kegiatan ini adalah sebagai bentuk dalam melestarikan tradisi yang telah dirintis oleh kyai dan sesepuh terdahulu sebagai alat komunikasi, seperti memanggil dalam melaksanakan sholat.

"Ini adalah implementasi Islam Nusantara, dengan menjaga dan melestarikan budaya lokal, dan ini juga menjadi program jamiah Nahdlotul Ulama" terang Gus Ab,

Lebih lanjut , pesan dalam kegiatan ini adalah dalam menjalankan syariat islam juga harus menjaga kearifan lokal , karena hal ini menjadi sangat penting dalam berdakwah.

Sementara dari sisi pemerintah, kegiatan parade bedug dan pawai ta'aruf ini menjadi potensi menarik dalam perkembangan wisata di Kota Kediri, untuk itu Pemerintah Kota Kediri akan selalu mensuport kegiatan yang mengarah ke hal-hal yang positif.


Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri Nur Muhyar, menurutnya hal ini bisa mwnjadi daya tarik wisatawan dalam kunjungannya ke Kota Kediri.

"Karena kita melihat hal ini punya nilai positif kita akan selalu suport, karena ini juga akan menjadi daya tarik wisatawan dalam kunjungannya ke Kota Kediri" ungkapnya.

Sementara itu, pawai ta'arif dan parade bedug ini diikuti sebanyak 125 kelompok maupun perorangan dari santri , masyarakat , ranting -ranting NU dan lembaga pendidikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »